sertifikasi iso 45001

Sertifikasi ISO 45001:2018 – Sertifikasi sistem Manajemen K3

Badan Sertifikasi ISO 45001 – ISO 45001 merupakan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja pertama di dunia yang menggunakan standar internasional. Pertama kali diterbitkan pada tanggal 12 Maret 2018. Pedoman dalam ISO 45001 membantu perusahaan untuk membenahi kinerja K3.

Saat ini semua organisasi dan perusahaan mempunyai tanggung jawab terhadap K3 (keselamatan dan kesehatan kerja) bagi para karyawannya. Para pekerja berhak mendapatkan keselamatan dan perlindungan secara menyeluruh sebagai bentuk pencegahan dari resiko cidera bahkan kematian. Banyak cara yang bisa dilakukan agar dapat mengurangi resiko akibat kerja, cidera pada saat bekerja, dan resiko kematian diantaranya adalah dengan cara menerapkan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja ISO 45001. Pada standar ISO 45001 ini bisa menjadi jembatan bagi para karyawan agar dapat terlibat di dalam program K3.

ISO 45001 didesain dan diterbitkan oleh komite teknik ISO. Didalam penyusunannya, ISO 45001 mengadopsi High Level Structure (HLS). Karena itu, standar tersebut bisa dikombinasikan dengan beberapa sistem secara harmonis dan efisien.

Manfaat ISO 45001

Berikut beberapa manfaat yang didapat apabila organisasi dan perusahaan menerapkan sistem manajemen ISO 45001 diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Dengan menerapkan dan mengimplementasikan sistem manajemen ISO 45001 seluruh pihak di organisasi dan perusahaan mampu menyadari betapa pentingnya mengurangi resiko dan bahaya di lingkungan kerja.
  • ISO 45001 dapat membentuk pengendalian operasional untuk pengelolaan resiko dan bahaya yang berkaitan dengan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja
  • Proses yang berjalan secara sistematis di organisasi dan perusahaan dapat terbangun secara optimal sehingga dapat meminimalkan angka kecelakaan akibat kerja. Disamping itu ISO 45001 bisa membantu organisasi dan perusahaan memperhitungkan persyaratan hukum terkait sistem keselamatan dan kesehatan kerja, resiko dan bahaya.
  • Manfaat ISO 45001 dapat memperbaiki dan mengevaluasi kinerja sistem manajemen K3 secara berkesinambungan.
  • Dapat mengurangi biaya gangguan operasi, mengurangi downtime, ketidak hadiran, pembayaran premi asuransi serta turnover.

Tujuan ISO 45001 Di Buat

ISO 45001 di desain bertujuan agar dapat mengurangi resiko dan bahaya yang datang secara tidak diduga, memastikan keselamatan serta menjamin kesejahteraan pekerja. ISO 45001 membantu manajemen organisasi dan perusahaan menjadi lebih mudah dalam melakukan monitoring. Dengan adanya standar ISO 45001 ini diharapkan dapat membantu dan mampu memperbaiki sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja.

Bagaimana ISO 45001 Dapat Membantu Perusahaan

Beberapa organisasi dan perusahaan besar yang menerapkan dan mengimplementasikan sistem manajemen ISO 45001 bertujuan agar dapat membangun sistem keselamatan dan kesehatan kerja (K3) secara terstruktur. Ada beberapa perusahaan yang ingin mempunyai sertifikasi ISO 45001 sebagai bentuk pengakuan secara formal. Nah disinilah kelebihan dari ISO 45001, tidak mengharuskan organisasi dan perusahaan mengantongi sebuah sertifikat ISO, Organisasi dan perusahaan cukup menerapkan dan mengimplementasikan sistem manajemen ISO 45001 secara maksimal demi mencapai tujuan. Namun agar dapat meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan maka sertifikasi sangat diperlukan.

Yang Membutuhkan ISO 45001
Semua organisasi dan perusahaan dapat menggunakan ISO 45001 tanpa melihat jenis dan skalanya. Dengan memiliki dan mengantongi sertifikasi ISO 45001 berarti organisasi dan perusahaan berkeinginan menciptakan lingkungan kerja yang sehat, aman dan nyaman. ISO 45001 ini akan berdampak kepada siapapun yang terlibat di dalam aktivitas organisasi dan perusahaan, mulai dari manajemen puncak, middle management, karyawan dan kontraktor.

Dengan adanya pemahaman manfaat dari sistem ISO 45001 merupakan kunci awal agar dapat meyakinkan manajemen puncak. Top manajemen harus yakin bahwa akan ada peningkatan terhadap loyalitas dari pekerja serta kinerjanya, kerja sama dan dapat mengefisiensikan biaya setelah menerapkan sistem manajemen ISO 45001 ini.

(This Service was in association with Integrated Quality Certification (IQC) Private Limited, India. Under a framework agreement)